Perpaduan Kemegahan dan Keindahan Candi Borobudur

Februari 19, 2019 109 0 1

Candi Borobudur merupakan salah satu Candi Budha yang terbesar di Indonesia, bahkan merupakan salah satu destinasi yang wajib dikunjungi saat berlibur ke daerah Jogjakarta. Meski begitu sebenarnya Candi Borobudur ini terletak di Kabupaten Magelang lho tepatnya di Jalan Badrawati, Borobudur, Kota Magelang, Jawa Tengah. Meski demikian banyak wisatawan atau travel agen yang ikut menyertakan Candi Borobudur dalam list kunjungan mereka.

Untuk mencapai lokasi Candi Borobudur pun cukup mudah baik dengan kendaraan umum, pribadi, roda dua maupun roda empat semua bisa sampai ke lokasi dengan nyaman. Hanya berjarak 40an Km dari pusat kota Jogja perjalanan dapat ditempuh dengan waktu satu jam saja. Arahkan saja kendaraan kalian ke arah barat laut atau arah magelang, ambil pertigaan yang ada gapura petunjuk arah candi maka kalian akan sampai di Candi Borobudur.

katadangu.com/candi borobudur

katadangu.com/candi borobudur

Selain bangunannya yang megah masih banyak hal lain yang membuat Candi Borobudur ini menarik untuk dikunjungi. Bagi saya pribadi hal yang menarik yaitu adanya relief yang berada di sepanjang dinding Candi. Banyak sekali motif dai relief tersebut yang menceritakan tentang masa lalu atau masa kerajaan. Satu pertanyaan yang muncul saat melihat relief tersebut yaitu bagaimana dan butuh waktu berapa lama untuk menyelesaikan motifnya?Karena bagaimanapun candi ini dibangun antara tahun 750-800an Masehi, bayangkan saja pada masa itu sudah ada masyarakat yang memiliki keahlian untuk membuat relief yang indah dan bisa kita nikmati sampai saat ini, tak heran jika Candi ini kemudian terpilih menjadi salah satu dari 7 keajaiban Dunia.

katadangu.com/candi borobudur

katadangu.com/candi borobudur

Menurut keterangan dinding candi Borobudur dihiasi oleh pahatan 2672 panel relief yang tersusun sepanjang 6 km dan merupakan Relief Budha terbesar dan terlengkap di Dunia. Relief yang terpahat di Dinding tersebut terbagi menjadi 4 kisah yaitu karmawibangga, lalita wistara, jataka dan awanda serta gandawyuda. Nah untuk mengikuti alur cerita dari relief tersebut para pengunjung sebaiknya berjalan mengikuti arah jarum jam. Masuk melalui pintu sebelah timur dan berjalan searah jarum jam agar posisi candi selalu berada di kanan.

katadangu.com/candi borobudur

katadangu.com/candi borobudur

Tertarik untuk berkunjung? silakan berkunjung ke Candi Borobudur ini  karena Candi ini dibuka setiap hari mulai jam 08.00 sampai 17.00 dengan tiket masuk 40.000/orang. Karena lokasi candi yang ditengah-tengah dataran cukup tinggi dan cuaca yang kebanyakan panas maka sebaiknya membawa topi atau penutup kepala saat berkunjung, namun jika tidak kalian juga bisa menyewa payung dengan harga 5.000 saja, nanti payung akan diambil ketika di pintu keluar.

katadangu.com/candi borobudur

katadangu.com/candi borobudur

Capek dan lapar setelah berkeliling Candi Borobudur? Jangan kawatir karena disepanjang jaur keluar menuju parkiran kendaraan terdapat banyak kedai makanan serta pusat oleh-oleh. Banyak pula oleh-oleh khas yang menarik diantaranya eneka bentuk gerabah dari tanah liat maupun keperluan dapur yang terbuat dari batu, yang mau oleh-oleh ringan silakan kunjungi aneka kaos dan souvenir yang ditwarkan para pedagang. Satu yang pasti dan akan selalu saya sampaikan pada teman-teman semuanya, kalau kebetulan sedang berkunjung mohon jangan buang sampah sembarangan ya, mari kita jaga dan rawat destinasi wisata ini bersama. Selamat menikmati liburan.

Tags: borobudur, candi borobudur, jawa tengah, katadangu, wisata candi, wisata jogja Categories: Cultural, Travel
share TWEET PIN IT SHARE share
katadangu

hanya mencoba menceritakan pengalaman.

Related Posts
Leave a reply

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *