Mengintip Koleksi Kupu-Kupu di Sanggaluri

Mei 3, 2018 240 0 1

Mengunjungi museum saat liburan merupakan salah satu alternatif pilihan yang menarik, selain melihat benda-benda yang menarik tentunya berkunjung ke museum juga dapat sekaligus belajar tentang berbagai hal baik itu tentang sejarah maupun pengetahuan umum. Dengan membayar tiket masuk sebesar Rp 15.000,- per orang kalian sudah dapat berkeliling menikmati area museum yang menyajikan hal-hal menarik.

Nama museum itu adalah Sanggaluri yang merupakan museum reptil, yang muncul dibenak kami saat itu adalah kami akan melihat berbagai macam hewan dari berbagai daerah, namun ternyata setelah masuk ke area museum pemandangan yang lain pun muncul, dan kami rasa ini menarik sekali,karena di dalam area ini juga terdapat taman edukasi lalu lintas untuk anak-anak, museum wayang, yang menyajikan beberapa wayang dari berbagai daerah di indonesia.

Pintu masuk museum

Pintu masuk museum

Selain itu terdapat pula museum kupu-kupu yang menyajikan ragam kupu-kupu dari seluruh penjuru indonesia yang sudah diawetkan, disini kami jadi lebih mengenal ada banyak jenis kupu-kupu yang menarik. Seetelah puas berkeliling di bangunan ini kami pun memutuskan untuk berkeliling lagi memasuki bangunan selanjutnya, dan ternyata masih ada lagi hal yang menarik yang kami temui, dimana kami menemukan bangunan yang berisi kumpulan uang baik itu kertas maupun koin.

Sebagian Koleksi kupu-kupu yang tersusun rapi

Sebagian Koleksi kupu-kupu yang tersusun rapi

Uang tersebut berasal dari berbagai Negara, tidak hanya  mata uang Lokal saja, dan terdapat juga uang logam masa kerajaan, ahh sangat unik sekali, ternyata pada zaman dahulu koinnnya memiliki motif yang menarik. Selain kumpulan uang dibangunan ini juga memiliki koleksi perangko dan barang bernuansa seni lainnya, seperti miniatur kapal pinisi, atribut kerajaan, kamera atau alat perekan zaman dahulu dan masih banyak lagi.

Ragam Kumbang yang ada di Indonesia

Ragam Kumbang yang ada di Indonesia

Bergeser sedikit memasuki bangunan selanjutnya kami disuguhkan dengan tempat edukasi tentang narkoba, di dalamnya selain pengetahuan tentang jenis dan macam-macam narkoba yang ada terdapat juga penjelasan mengenai bahaya yang ditimbulkan jika mengkonsumsinya, selain itu ada juga daftar orang-orang yang mengedarkan narkoba di indonesia, wahh sangat informatif sekali ya, sepertinya ini cocok untuk dijadikan pembelajaran bagi siswa sekolah.

Koleksi Perangko dari zaman dahulu

Koleksi Perangko dari zaman dahulu

Pada bangunan yang lain terdapat beberapa spesies reptil yang masih hidup dan dipelihara, seperti ular, kadal, musang, dan beberapa jenis reptil lainnya, bagi pengunjung yang menginginkan berfoto bersama reptil juga bisa loh, silakan menghubungi petugas dengan membayar biaya sebesar Rp 10.000,- tapi saat itu kami tidak mencobanya karena satu alasan yang sudah pasti yaitu takut dengan hewan melata tersebut. Ehhehehe

Ada yang punya ini dirumah?

Ada yang punya ini dirumah?

Selain beberapa hal diatas di museum ini juga terdapat kantin, area bermain untuk anak-anak serta beberpa bangunan yang bisa dijadikan obyek foto, seperti ka’bah, labirin dari rumput dan cermin dan kumpulan boneka serta koleksi mainan anak lainnya, wiihh ternyata berwisata ke museum juga menarik ya, selain refreshing bisa nambah ilmu juga.

 

Tags: belajar, jawa tengah, kupu-kupu, liburan, museum rreptil, museum sanggaluri, pengetahuan, purbalingga, reptil Categories: Travel
share TWEET PIN IT SHARE share
katadangu

hanya mencoba menceritakan pengalaman.

Related Posts
Leave a reply

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *