Eksotisme Gunung Api Purba

Maret 25, 2018 295 0 3

Liburan? Bagi kebanyakan orang mungkin akan memilih untuk rsantai di pantai dengan hembusan angir dan deburan ombak, tapi kali ini saya akan mencoba memberi satu alternatif tempat liburan di Jogjakarta, yaa kota dengan sejuta pesona ini memiliki banyak sekali tempat untuk dikunjungi.

Bagi kalian yang sudah terbiasa dengan suasana pantai di jogja maka ada baiknya kalau kalian melangkahkan kaki ke arah timur kota Jogja, tepatnya di daerah Wonosari Gunungkidul, kenapa begitu? Mungkin diantara kalian ada yang beranggapan kalau ke wonosari ya paling ke pantai baron, krakal dll, tapi tunggu disalah satu daerah tepatnya di Desa Nglangeran kecamatan Patuk Gunung Kidul ada salah satu obyek wisata yang berbeda dari lainnya, dan tempat itu bernama Gunung Api Purba, mengapa dinamai begitu karena dulunya gunung ini memang aktif namun sudah lama sekali gunung ini berhenti beroprasi dan dinyatakan aman untuk dikunjungi.

Jalur Pendakian

Jalur Pendakian

Tidak seperti obyek wisata pada umumnya yang begitu kita sampai ke parkiran langsung jalan sedikit kita bisa menikmati obyeknya, karena ini merupakan gunung jadi mau tidak mau kita harus mendaki sekitar 50-60 menit terlebih dahulu untuk menikmati pemandangan yang indah dari puncak gunung ini, jalur pendakian suda disediakan oleh pengelola kok, jaddi tenang saja selama kita mengikuti petunjuk akan sampai dipuncak dengan selamat, namun pastikan kalian mendaki dengan hati-hati karena di beberapa titik jalur oendakian masih sedikit sulit dan jalannya yang sempit, butuh waktu sekitar satu jam untuk sampai di puncak, tak perlu khawatir karena jika lelah saat mendaki ada beberapa gazebo yang disediakan sebagai tempat untuk beistirahat, dan pastinya jangan lewatkan beberapa spot atau titik yang bisa diambil fotonya saat kita mendaki, jadi  perjalanan akan terasa ringan ketika disepanjang jalur pendakian disuguhi pemandangan yang menarik.

 

View dari Jalur Pendakian

View dari Jalur Pendakian

Seperti pepatah yang mengungkapkan tidak ada hasil yang mengingkari sebuah usaha maka sudah sepantasnya jika saat sampai di puncak kita akan takjub dengan pemandangan yang ditawarkan, terlihat dari puncak kita bisa menikmati beberapa sudut kota dan hamparan ladang serta sawah, bagi yang suka berkemah tempat ini juga bisa dijadikan salah satu pilihan kok, karena saat saya berkunjung juga mendapati beberapa titik yang sengaja disediakan bagi yang suka berkemah, setelah beberapa lama saya berada dipuncak dan puas mengambil beberapa foto smbil beristirahat saya pun memutuskan untuk turun, dan ternyata jalur pendakian dan turunnya dibuat berbeda supaya pengunjung dapat menyaksikan pemandangan yang berbeda pula.

ini foto diambil dari salah satu puncaknya

Salah satu puncak Gunung Api Purba

Salah satu puncak Gunung Api Purba

Perjalanan turun pun tak semelelahkan dibanding pendakian, tapi harus tetap berhati-hati karena di beberapa titik jalannya sedikit curam, ketika hampir sampai dibawah saya mendapati beberapa warung warga, maka saya pun memutuskan untuk beristirahat sejenak sambil bercerita dengan warga, dan pastinya warga disini ramah khas Jogjakarta, apakah kalian tertarik kesini?

Pemandangan Dari Puncak

Pemandangan Dari Puncak

Jika kalian tertarik berkunjung saya punya beberapa tips untuk bekal

  1. Siapkan fisik kalian karena pendakian ini lumayan melelahkan
  2. Bawalah bekal setidaknya minuman atau cemilan karena selama jalur pendakian tidak ada warung atau penjual minuman, tapi ingat sampah dari bekalnya disimpan dan dibawa turun ya, supaya tidak mengotori.
  3. Pakailah alas kaki yang tidak licin, misal sepatu atau sendal gunung, buat cowok jangan pakai pantofel dan yg cewek jangan pakai high heels
  4. Pastikan baterai smartphone atau alat foto kalian dalam keadaan full batre karena banyak spot yang bisa diambil fotonya
  5. Yang terakhir dan paling penting berdo’alah menurut agama dan kepercayaan kalian masing-masing supaya pendakian dilancarkan

Oke itu tadi beberapa tips untuk kalian yang baru mau berkunjung kesini, selamat liburan teman-teman.

Tags: gunung api purba, gunung kidul, jogjakarta, ngecamp, nglangeran, pegunungan, piknik, wisata alam, wonosari Categories: Tips, Travel
share TWEET PIN IT SHARE share
katadangu

hanya mencoba menceritakan pengalaman.

Related Posts
Leave a reply

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *